Skip to main content

Transformasi Digital


UGMx
Enrollment in this course is by invitation only

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini diselenggarakan secara daring (online) dengan materi berupa beragam topik teknologi dalam era industry 4.0/society 5.0 melalui pembelajaran kolaboratif multidisiplin. Tujuan utama pembelajaran mata kuliah ini adalah membuka kolaborasi antar bidang berkaitan dengan proses transformasi digital melalui cara berpikir kritis (critical thinking) dan berpikir sistemik (system thinking). Peserta kuliah juga diberi dasar penggunaan computational thinking dalam membuat program sederhana (dalam bahasa pemrograman Phyton).

Materi yang dipelajari terdiri atas Pengantar Transformasi Digital, Budaya Digital, Cara Berpikir Kritis dan Sistemik, Logika Komputasi, Dasar-Dasar Pemrograman Python, Kesadaran Keamanan Informasi dan Privasi, IoT, Big Data, dan Kecerdasan Buatan.

Penekanan yang dilakukan dalam pembelajaran adalah penggunaan cara berpikir kritis dan sistemik mengenai konsep dan dasar-dasar yang penting, serta wawasan implementasi penggunaan teknologi tersebut untuk kemudian mempunyai gagasan/ide proyek multidisiplin yang dituangkan dalam bentuk wiki, makalah, dan video yang akan dipresentasikan. Pendekatan project-based learning multidisiplin yang dilakukan bertujuan untuk memotivasi mahasiswa berkolaborasi dengan bidang-bidang lainnya.

Mata kuliah ini juga akan mengukur peningkatan kemampuan belajar mandiri masing-masing peserta kuliah.

Bobot SKS : 2

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

CPMK1   Mahasiswa mampu menganalisis konsep, proses, peran, dan penerapan IoT, Big Data, dan Kecerdasan Buatan dalam berbagai bidang.
CPMK2   Mahasiswa mampu merancang gagasan “transformasi digital” melalui cara berpikir kritis (critical thinking) dan berpikir sistemik (system thinking) untuk menyelesaikan permasalahan di berbagai bidang dengan pendekatan penggunaan IoT, atau Big Data, atau Kecerdasan Buatan secara kolaboratif multidisiplin.
CPMK3   Mahasiswa mampu menggunakan computational thinking dalam membuat program sederhana (dalam bahasa pemrograman Phyton).
CPMK4   Mahasiswa mampu  merefleksikan budaya digital dan perubahan yang terjadi pada era industry 4.0/society 5.0 serta dampak yang akan terjadi.
CPMK5   Mahasiswa mampu meningkatkan kemampuan belajar mandiri (self-regulated learning) sebagai bagian upaya untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat.

 

Dosen Pengampu

   Dr. Sri Suning Kusumawardani, ST, MT    Ir. Lukito Edi Nugroho, M.Sc., Ph.D.

 Dr. Bimo Sunarfri Hantono, S.T., M.Eng.   Dr.Eng. Sunu Wibirama, S.T., M.Eng.                                                                                                            

                                                                                                                                                   

                                                                                                                                                                   

                                                                                                                                                                                      

                                                                                                                                                                

                                                                                                                                                                  

 

  1. Nomor Kursus

    TIF215212/001001573001
  2. Kelas Dimulai

  3. Kelas Berakhir

  4. Estimated Effort

    120 Jam
  5. Bahasa

    Indonesian
  6. Tipe Mata Kuliah

    Instructor Paced
  7. Harga

    Free
© 2021 ICE Institute. All rights reserved.