Skip to main content

Contemporary Topics in South Korea


UGMx
Enrollment in this course is by invitation only

Deskripsi Mata Kuliah

Kelas ini didesain untuk mengajak para peserta didik berpikir kritis saat melihat berbagai hal terkait Korea terutama budaya dan masyarakat Korea yang di awal abad ke-21 ini semakin menjadi sebuah negara yang layak untuk diperhatikan dan dipelajari dinamikanya. Kelas akan membawa peserta didik untuk belajar tentang Korea dari berbagai persepsi, teori, dan argumen yangberkembangtentangKorea. Kelas akanmengajak peserta didik untuk bersamasama melihat itu dari berbagai sumber bacaan (paper dan buku) terkait Korea ditambah dengan video-video yang relevan sebagai pendukung. Melalui itu, peserta didik akan melihat Korea tidak hanya sebagai negara penghasil K-Pop atau K-Drama saja, namunmemandang Korea secara lebih luas agar pemahaman mereka tentang Korea menjadi berimbang. Untuk itulah, isu-isu yang kontroversial dan patut diketahui (seperti ketidaksetaraan sosial, multikulturalisme, gender, pekerja migran asing, dll.) terkait Korea pun akan dijadikan sebagai kacamata untuk memandang negara ini. Walaupun kelas ini melihat Korea melalui budaya kontemporer, kelas ini berupaya menyisipkan setiap topik dalam konteks sejarah dan politik Korea dan dunia. Terakhir, kelas ini ditujukan untuk membuka mata mahasiswa Indonesia dalam memandang Korea dan membawa mahasiswa untuk dapat membantu mengambil peran penting dalam hubungan budaya antara Indonesia dan Korea.

Bobot : 2 SKS

Capaian Pembelajaran

  1. Memiliki pengetahuan yang luas tentang masyarakat Korea.
  2. Memiliki pengetahuan lebih luas tentang masyarakat Korea kontemporer dilihat dari segi historis.
  3.  Memiliki pemikiran dan pendapat yang kritis terhadap berbagai permasalahan sosial dalam masyarakat Korea kontemporer.
  4. Memahami pentingnya keberadaan ras, etnik, kelas sosial, dan gender dalam memahami masalah sosial di Korea. 

Persyaratan Mengikuti Mata Kuliah

Bacaan Wajib diberikan setiap minggu. Untuk itu setiap peserta didik diharapkan datang ke kelas setelah membaca semua daftar bacaan yang tercantum pada silabus untuk tanggal kelas tersebut. Ini adalah persyaratan minimum. Tidak ada prasyarat lainnya.

Kehadiran dan Partisipasi Kelas (15% )

Kehadiran adalah wajib. Peserta didik tidak diizinkan untuk melewatkan kelas kecuali dalam kasus dia sakit atau keadaan darurat terkait keluarga. Peserta didik diharapkan memberi tahu pengajar atau asisten kelas jika dia tidak masuk. Hal itu bisa dilakukan melalui email atau pesan WA. Ketidakhadiran tanpa alasan akan diperhitungkan dalam pemberian nilai keaktifan atau partisipasi kelas. Nilai partisipasi ini didasarkan pada kehadiran reguler di tiap topik, persiapan, dan partisipasi aktif dalam diskusi kelas.

Forum Daring / E-mail Posts (10%)

Forum ini adalah tempat bagi setiap peserta didik untuk memposting segala hal (pikiran, perasaan, uneg-uneg, pertanyaan, kegelisahan, dll) terkait dengan topik mingguan. Setiap peserta didik diminta untuk mengunggah postingan itu setiap minggu selepas selesai membaca beberapa bahan bacaan mingguan. Postingan ditulis dalam 100-150 kata. Postingan harus diunggah pukul 12:00 WIB 1 hari sebelum kelas. Karena forum ini bersifat terbuka, maka setiap peserta diminta untuk membaca juga postingan teman-temanlainnyaagarmereka saling belajar pikiran atau ide orang lain sebelum masuk kelas. Dengan cara ini, saya akan memulai kelas dengan memberikan pendapat terkait beberapa postingan yang menarik untuk didiskusikan. Postingan dikirim ke GDrive kelas yang akan diberitahukan nanti. Dengan memposting ini, mahasiswa akan berlatih memberikan respon kritis terhadapbacaan yang mereka baca. Mahasiswa belajar (a) mengidentifikasi isu utama setiap bacaan, mencari pertanyaan utama yang disampaikan penulis, (c) menarasikan kelebihan/kelemahan bacaan tersebut. Ingat: postingan ini bukan sekedar rangkuman. Mahasiswa bisa mengaitkannya dengan isu yang terjadi saat membaca di mana pun, bisamengaitkan dengan konteksIndonesia atau isu yang terjadi di dunia, dll.

Beberapa tip umum dan dasar.

Membaca postingan dan tanggapan teman-teman lain bisa membuat semua peserta berpikir kritis terhadap teks-teks yang ditugaskan untuk minggu itu Paling tidak, peserta didik akan belajar mengidentifikasi pertanyaan teoretis dan/atau bukti empiris yang mungkin tak sempat dia pikirkan sebelumnya. Untuk itu, diharapkan setiap postingan harus berisi argumen utama atau pikiran utama yang ingin disampaikan. Tulislah itu di bagian awal postingan kalian. Tulislah kekuatan atau kekurangan dari konten bacaan yang kalian bac a. Jangan hanya meringkas atau merangkum bacaan. Namun, bacalah secara kritis dan cobalah kaitkan dengan berbagai berita atau pengalaman atau apa pun yang kalian ketahui terkait topik terkait. Apakah teks yang kalian baca justru memperluas atau bertentangan dengan pemikiran kalian sebelumnya? Apakah bacan-bacaan itu sekedar teoretis atau justru memberikan atau melahirkan pandangan-pandangan baru baru? Terakhir, cara termudah adalah bandingkan dengan situasi di Indonesia setiap kali kalian membaca bacaan terkait Korea. Walaupun ini bukan tujuan utama kelas, namun dengan cara itu, kalian bisa memulai membuat postingan.

Kuis (15%)

Sekitar 4 - 5 kuis akan diberikan selama semester secara acak selama pertemuan kelas. Setiap kuis akan terdiri dari tiga sampai lima jawaban singkat, pertanyaan objektif tentang bahan bacaan untuk hari tertentu di kelas. Jika kalian melewatkan kuis, TIDAK ADA KESEMPATAN UNTUK MENGAMBIL KUIS YANG TERLEWATKAN itu.

Esai (25% dan 35%)

Ujian Tengah Semester (UTS) berupa esai bernilai 25% dan Ujian Akhir Semester (UAS) berupa esai bernilai 35% adalah dua ujian penting dalam kelas ini. Setiap peserta wajib menulis esai ini. **Format esai dan detailnya akan dibahas sebelum UTS dan UAS.

Kebijakan terkait Tugas

Apabila peserta didik terlambat mengumpulkan tugas (esai atau postingan) maka dia tak perlu mengirimkannya karena tak ada perpanjangan yang akan diberikan, kecuali apabila dia saat itu sakit serius atau berada dalam keadaan darurat, yang memerlukan dokumentasi bukti. Untuk pastikan kalian tahu hal ini. Untuk itu, jaga komunikasi dengan semau teman di kelas untuk saling mengingatkan. Terkait bekerja sama dengan teman kelas, justru kelas ini mendorong adanya kolaborasi dalam hal diskusi-diskusi terkait berbagai topik agar membantu mengasah pikiran kalian. Namun, dalam hal penulisan tugas, karya akhir yang dikirimkan haruslah tulisan kalian sendiri. Tugas dinilai sebagai tugas individu.

Kebijakan terkait Laptop / Gawai Elektronik

Laptop, tablet, dan perangkat membaca elektronik diizinkan di kelas hanya untuk keperluan kelas, konsultasi materi kelas atau membuat catatan kuliah. Penggunaan e-mail, internet, WA, sosmed dll dan pekerjaan apa pun yang tidak terkait dengan kelas lain tidak diizinkan. Penggunaan ponsel tidak diperbolehkan tanpa izin dari pengajar atau asisten kelas. Kecuali, kelas memang dilakukan secara daring penuh. Itu sudah di luar jangkauan pengajar dan tanggung jawab ada pada setiap peserta didik. Terakhir, demi kepentingan privasi, rekaman video dan audio kelas tidak diizinkan, kecuali pengajar memang mengijinkan dan sengaja merekam untuk kepentingan kelas.

Kebijakan terkait Integritas Akademik

Plagiarisme dan bentuk ketidakjujuran akademik lainnya adalah pelanggaran serius dan akan ditangani sesuai dengan kebijakan dan prosedur universitas. Semua peserta didi diharapkan memahami kebijakan dan pedoman universitas tentang integritas akademik. Harap belajar apa itu integritas akademik. Carilah buku dan panduan yang berlaku dan jadikan ini sebagai awal tanggung jawab kalian.

Penilaian Kelas

Kehadiran dan Partisipasi Kelas 15%; Forum Daring/Pos Email 10%; Kuis 15%; Ujian Tengah Semester 25%; Ujian Akhir Akhir 35%

Makna Nilai (Skala A, B,C, D)

  • AMahasiswa menunjukkan performa akademik yang benar-benar baik, memiliki tingkat pemahaman yang sangat tinggi terhadap topik, dan mampu menggunakan konsep, teori, dan bahan bacaan secara tepat dalam menjelaskan berbagai macam permasalahan.
  • B. Mahasiswa menunjukkan performa akademik yang baik, memiliki tingkat pemahaman yang baik terhadap topik, dan cukup mampu menggunakan konsep, teori, dan bahan bacaan dalam menjelaskan beberapa permasalahan.
  • C. Mahasiswa menunjukkan performa akademik yang cukup, memiliki tingkat pemahaman yang cukup terhadap topik, dan bisa menggunakan konsep, teori, dan bahan bacaan secara sederhana dalam menjelaskan beberapa permasalahan. Dalam level ini, mahasiswa masih mampu diberi arahan untuk berkembang.
  • D. Mahasiswa menunjukkan performa akademik yang minimal, memiliki tingkat pemahamanan parsial terhadap suatu topik, dan belum bisa menggunakan konsep, teori, dan bahan bacaan dalam menjelaskan suatu permasalahan yang sederhana pun. Dalam level ini, mahasiswa cukup sulit untuk diarahkan berkembang, walaupun bukan berarti tidak mungkin.

Dosen Pengampu

suray

Email : [email protected]

 

 

  1. Nomor Kursus

    001001132016
  2. Kelas Dimulai

  3. Kelas Berakhir

  4. Bahasa

    Indonesian
  5. Tipe Mata Kuliah

    Self Paced
  6. Harga

    Free
© 2021 ICE Institute. All rights reserved.