Skip to main content

Market and Business Analysis (Analisis Pasar)


UGMx
Enrollment in this course is by invitation only

1. Deskripsi Mata Kuliah

Sebagai seorang manager dalam pengembangan game, diperlukan arah yang fokus dalam game. Dalam mencari arah pengembangan game, diperlukan riset dan analisis dari proses bisnis dan pasar yang akan dituju. Mata kuliah ini akan menerangkan terkait proses dan tata cara analisis bisnis dan pasar secara umum dan secara khusus terkait pengembangan game.

2. Capaian Mata Kuliah

Diharapkan dari mata kuliah ini adalah peserta dapat melakukan analisis bisnis dan pasar sehingga mampu menentukan target khusus dari game yang akan dikembangkan. Selain itu peserta diharapkan tau akan tren dari pengembangan game dan sumber pendapatan uang dari game yang diberikan.

3. Textbook

Project Management Institute. (2017). A guide to the Project Management Body of Knowledge (PMBOK guide) (6th ed.). Project Management Institute.

4. Mata Kuliah Prasyarat

  • Tidak Ada

5. Bobot SKS

  • 3 SKS (1 SKS @45 Jam)

6. Model Pembelajaran

  • Instructor-Paced

7. Jenjang Pendidikan

  • S1/D4

8. Bidang Ilmu

  • Manajemen

9. Tingkat Mata Kuliah

  • Dasar

10. Teknologi & Sarana Pembelajaran

  • LMS Open EDX: Untuk mengakses materi utama dan forum diskusi
  • Discord: Untuk kolaborasi dan komunikasi
  • Zoom: Untuk pertemuan virtual tatap muka
  • Unity dan Visual Studio 2019 Community version: Untuk game engine 

11. Perangkat Keras & Perangkat Lunak

  • Laptop/PC 
  • OS : Windows 7, 64-bit versions only
  • CPU : X64 architecture with SSE2 instruction set support
  • Graphics :  DX10, DX11, and DX12-capable GPUs
  • Unity version: 2019.x, 2020.x, 2021.x

12. Versi Pengembangan Mata Kuliah

  • Versi Mata Kuliah 3.0

13. Jadwal Perkuliahan

14. Topik Mata Kuliah

  • Pengantar Game dan Analisis Pasar Game
  • Potensi Pasar Game Digital
  • Model Bisnis Game
  • Pemasaran Game
  • Unsur Dan Karakter Seni Budaya
  • Bisnis Model Canvas
  • Pengenalan Tool Analisis
  • Perencanaan Keuangan Bisnis

15. Evaluasi Mata Kuliah

  • Bobot Komponen Penilaian: Kehadiran (10%), Kuis (30%), Final Project (60%)

16. Syarat Kelulusan

  • Mahasiswa dapat lulus pada mata kuliah dengan minimal akumulasi nilai > 51

17. Informasi Plagiarisme

  • Segala bentuk PLAGIARISME akan mendapat konsekuensi  nilai = 0

18. Komunikasi dan Interaksi

  • Mahasiswa dapat menghubungi dosen pengampu melalui email ataupun channel discord pada hari kerja jam 08.00-17.00 WIB. Gunakan bahasa yang sopan, singkat, padat dan jelas. 

19. Profil Dosen Pengampu

Dr. Azhari, M.T.

  • GF Shidik, MK Azhari, K Mustofa,”Evaluation of Selection Policy with Various Virtual Machine Instances in Dynamic VM Consolidation for Energy Efficient at Cloud Data Centers”,JNW, Vol. 10, Issue 7,397-406.2015.
  • PD Kusuma, SN Azhari,2013,”Multi agents based traditional market customers’ behavior design”,Computer, Control, Informatics and Its Applications (IC3INA), 2013 International Conference on.IEEE,331-336.
  • EB Sembiring, SN Azhari,”Metode Naive Bayes Classifier untuk Penentuan Jenis Masalah Mahasiswa Menggunakan”, Universitas Gadjah Mada”.

Email: [email protected]

20. Profil Mentor

Lulus dari Apple Developer Academy @ Universitas Ciputra. Dengan latar belakang pendidikan Informatika Universitas Negeri Surabaya yang telah berpengalaman dalam membuat aplikasi native di iOS dan website yang responsive menggunakan CodeIgniter. Pengembang iOS terampil dengan pengalaman dalam kerangka UIKit atau swiftUI, jaringan, dan pola desain. Saat ini saya sedang menempuh pendidikan Magister Ilmu Komputer di Universitas Gadjah Mada. Selain itu, suka belajar hal-hal baru dan berpikiran terbuka.

Email: Ahmad Rizki Maulana, S.Kom.

Prabowo Yoga Wicaksana adalah seorang data saintis di lingkungan UGM, mengkhususkan diri dalam beberapa bidang utama, termasuk Machine Learning, Data Science, Math for Data Science, serta Applied Algebra and Statistics. Kemampuannya dalam mengembangkan model-model Machine Learning dan menerapkan aljabar serta statistik dalam konteks praktis telah menjadikan kontribusi berharga dalam kemajuan ilmu data di kalangan akademik dan industri.

Email: [email protected]

  1. Nomor Kursus

    MCPM0001
  2. Kelas Dimulai

  3. Kelas Berakhir

  4. Estimated Effort

    02:00
  5. Bahasa

    Indonesian
  6. Tipe Mata Kuliah

    Instructor Paced
  7. Harga

    Free
© 2021 ICE Institute. All rights reserved.